banner

Apa Itu Hiperseks dan Apa Dampaknya Bagi Kesehatan?

Apa itu hiperseks

Anda pasti tidak asing dengan istilah “hiperseks”. Kata ini sering diasosiasikan dengan seseorang yang senang berhubungan seks secara berlebihan. Tapi tahukah Anda bahwa ini tidak melulu tentang seks, ya ini adalah arti hiperseks sesungguhnya.

1. Arti hiperseks

Hiperseks adalah diagnosis yang ditujukan untuk orang yang melakukan hubungan seks atau berpikir tentang seks melalui fantasi dan dorongan lebih dari normal. Hal yang berlebihan ini bisa disalurkan pada konten dewasa, masturbasi, seks berbayar, dan pada banyak pasangan. Akibat psikis dari orang-orang ini mungkin merasa tertekan di kehidupan termasuk pekerjaan dan hubungan asmaranya.

2. hiperseks merupakan masalah serius

Faktanya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menambahkan hiperseks ke dalam daftar gangguan kesehatan mental dalam revisi terbarunya tentang Klasifikasi Penyakit Internasional (ICD-11). Hal ini tidak hanya tentang perilaku seks, tetapi juga masuk ke dalam kesehatan. Para ahli percaya bahwa penyebab sebenarnya dari hiperseks termasuk keadaan emosional, yaitu kecemasan, depresi, atau konflik hubungan dalam dirinya sendiri.

3. Bisa dialami perempuan dan laki-laki

Mayoritas hiperseks memang laki-laki, akan tetapi hal ini juga bisa dialami oleh para perempuan. Hal ini karena perempuan kurang sadar dan malu untuk melakukan konsultasi tentang hiperseks ini sehingga menurunkan angka yang sebenarnya.

Perempuan pastinya juga menari tahu tentang gejala yang ada dalam dirinya, tetapi tidak secara medis melainkan dengan berbagai referensi yang di dalpat.

Dr. Katehakis, Ph.D, direktur klinis Center for Healthy Sex di Los Angeles, Amerika Serikat dan penulis buku Mirror of Intimacy ini mengatakan, trauma sejak kecil yang ditutupi juga menjadi salah satu penyebab hyperseksual ini

4. Gejala hiperseks

Hal yang perlu Anda ingat bahwa perilaku seksual adalah bagian kehidupan yang normal, akan tetapi yang menjadi masalah adalah saat kendali atas dirinya sendiri menginginkan seks lagi dan lagi. Inilah beberapa gejala hiperseks yang bisa Anda ketahui.

  1. Mempunyai fantasi, dorongan, atau perilaku seksual yang berulang secara intens,
  2. Perilaku ini terus-menerus mengganggu kegiatan lainnya. Misalnya, Anda tidak bisa tidur jika tidak melakukan masturbasi dahulu ataupun Anda tidak konsen jika melihat lawan jenis yang lewat di depan Anda dan seterusnya,
  3. Merupakan cara yang konsisten tetapi Anda tidak berhasil untuk mengendalikan atau mengurangi fantasi, dorongan, atau perilaku seksual tersebut,
  4. Tidak bisa tahu akan tempat dan waktu yang tidak mendukung untuk melakukan dorongan itu,
  5. Datang sebagai respons akan mood Anda sehari-hari, seperti kecemasan, depresi, kebosanan, emosional.

5. Perawatan untuk hiperseks

Menyembuhkan kecanduan seks bukan berarti membuang seks dalam kehidupan. Perawatan dilakukan untuk mengembalikan pikiran secara alami seperti sedia kala. Oleh karena itu mereka dapat lebih sadar tentang apa yang dipikirkan atau dilakukan tentang seksual atau tidak. Perawatan bisa dilakukan dengan rutin berolahraga, melakukan rehabilitasi, menuliskan jurnal, dan konsultasi berkala.

Artikel Terkait: