banner

Cara Menahan Nafsu Seks di Bulan Puasa

Cara menahan nafsu seks di bulan puasa atau bulan Ramdhan

Bulan ini banyak orang yang tengah menjalankan ibadah puasa, di mana berhubungan seks melakukan hal yang dilarang selama berpuasa. Kabar buruknya adalah, tidak mudah untuk mengendalikan nafsu seksual yang terkadang muncul secara tiba-tiba. Apalagi jika Anda seorang pria yang memang selama ini aktif secara sekual. Beberapa orang mengaku bahwa mereka lebih memilih menahan lapar dan haus ketimbang mengontrol nafsu seksual.

Ya, dalam sebuah survei yang dilakukan di Universitas Northwestern, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa pria dewasa rata-rata berpikir tentang seks sebanyak 19 kali per hari. Sedangkan wanita sebanyak 10 kali dalam sehari. Lalu bagaimana mengendalikan keinginan berhubungan seks selama bulan puasa?

Anda sebetulnya tidak perlu metode khusus untuk mengendalikan nafsu seksual. Yang terpenting adalah niat serta keinginan yang kuat. Dikutip dari Sehatq, berikut beberapa tips menahan nafsu seksual saat berpuasa supaya berjalan dengan lancar.

1. Cari kegiatan untuk mengalihkan perhatian

Nafsu seksual memang selalu menyerempet ke berbagai topik yang sedang diperbincangkan. Anda bisa mencari kegiatan bermanfaat untuk mengalihkan pikiran tentang seks. Pilihlah kegiatan sehari-hari, seperti mengerjakan kuis yang membutuhkan pemikiran atau menyelesaikan pekerjaan tertunda.

2. Alihkan energi

Anda bisa mengalihkan energi dengan kegiatan bermanfaat. Salah satu cara yang paling efektif adalah olahraga. Tetapi, cara ini tidak mungkin dilakukan saat berpuasa. Anda bisa memilih kegiatan seperti mencoba belajar alat musik, yoga, atau membuat kerajinan untuk menyalurkan kreativitas. Bahkan, Anda juga bisa menyalurkannya dengan memasak untuk menu berbuka.

3. Hindari kegiatan yang dapat memicu nafsu

Cara yang paling sederhana namun sulit dilakukan oleh beberapa orang adalah menghindari hal-hal yang dapat memicu timbulnya nafsu.

Sebaiknya, tahan dulu untuk tidak menonton tayangan mengandung adegan seksual atau membaca buku dengan alur serupa. Hindari juga objek, latar, atau sosok seseorang yang berpotensi mengundang hasrat seksual seperti tayangan pornografi

4. Mendalami penyebab nafsu susah dikontrol

Terkadang, ketidakmampuan dalam mengontrol nafsu seksual bisa disebabkan dalam kondisi tertentu. Tidak hanya bulan puasa, dalam keseharian Anda terkadang merasa kesulitan untuk mengontrol gairah seksual.

Sebaiknya, lakukan terapi dengan ahli untuk mengetahui akar permasalahan. Terapi membantu Anda untuk mengetahui tujuan hidup. Dengan begitu, Anda berfokus mengejar tujuan, sehingga dapat mudah mengontrol diri.

5. Perbaiki hubungan dengan pasangan

Kehidupan seksual yang tidak baik dengan pasangan juga dapat membuat gairah seksual tidak tersalurkan dengan baik. Hal ini dapat membuat Anda sulit mengontrol nafsu.

Maka dari itu, diskusikan dengan baik mengenai perasaan Anda maupun pasangan. Lakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mempererat kembali hubungan Anda dan pasangan.

6. Konsumsi makanan tertentu

Makanan juga bisa meningkatkan gairah seksual atau disebut aphrodisiac. Bahkan, ada juga jenis makanan yang dipercaya bisa menurunkan gairah seksual atau disebut sebagai anaphrodisiac.

Beberapa jenis makanan anaphrodisiac di antaranya kedelai, tumbuhan akar manis, chasteberry, tanaman hop, dan selada liar. Walau begitu, bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya secara berlebihan.

7. Konsumsi obat

Apabila nafsu seks sudah tahap parah atau tak bisa dikontrol, sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Untuk mengendalikannya, dokter memberikan resep obat tertentu, seperti antidepresan. Dokter juga mungkin mengganti obat yang saat ini sedang dikonsumsi secara rutin, apabila kandungan yang ada di obat tersebut membuat Anda sulit mengendalikan nafsu seksual.

Artikel Terkait: