banner

Tanda-tanda Sperma yang Subur dan Tidak Sehat

Tanda-tanda sperma yang subur dan tidak sehat

Normalnya, sperma memiliki bau mirip klorin. Namun ada banyak faktor yang mempengaruhi variasi baunya, termasuk kondisi kesehatan. Ketika kondisi tubuh sedang tidak sehat, bau sperma cenderung berubah. Perubahan yang terjadi bisa memperkirakan ada masalah apa dengan kesehatan seorang pria. Contohnya bau amis, yang normalnya tidak tercium pada sperma. Jika bau ini tercium, maka kemungkinan ada infeksi yang terjadi di sekitar organ intim para pria. Dikutip dari laman Medical News Today, berikut macam-macam bau sperma yang tidak sehat:

1. Bau menyengat

Sperma juga bisa berbau sangat menyengat. Hal ini bisa disebabkan karena bakteri dan kuman yang ada di sekitar penis. Jika sperma berbau busuk dan menyengat ini makin memburuk, itu bisa menjadi tanda dari infeksi atau penyakit menular seksual.

2. Beraroma manis

Normalnya, sperma bisa memiliki bau yang sedikit manis. Tetapi, jika bau itu sangat manis bisa menjadi tanda-tanda dini dari penyakit diabetes. Sebuah studi menunjukkan, pria yang mengidap diabetes mungkin memiliki lebih banyak gula di dalam sperma mereka. Inilah yang menghasilkan bau yang lebih manis dari biasanya.

3. Berbau amis

Sperma juga seringkali berbau amis, dan hal ini perlu diwaspadai. Sebab, ini bisa menjadi tanda adanya infeksi menular seksual.

Lalu, ada tanda-tanda dari sperma yang sehat dan subur?

Sperma yang sehat menjadi faktor penting bagi pasangan untuk memiliki keturunan. Memiliki sperma berkualitas merupakan tanda kesuburan bagi pria. Mengetahui sperma yang sehat dan subur memang tidak mudah, beberapa pasangan harus pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan laboratorium.

Hanya saja, tak jarang pria merasa ragu akan kualitas spermanya tetapi malu jika pergi ke dokter. Namun, jangan khawatir sperma yang subur bisa diamati melalui beberapa tanda. Berikut tanda-tanda sperma yang subur:

1. Tekstur kental

Ciri-ciri sperma subur yang utama adalah tekstur yang kental. Jika sperma bertekstur kental, artinya pria sedang dalam kondisi sehat. Tekstur yang kental diperlukan agar sperma bisa bertahan lama di dalam vagina, kemudian masuk dan berenang bertemu dengan sel telur untuk dibuahi.

Jika ingin memiliki sperma yang kental, atur pola makan dan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi, mengkonsumsi buah dan sayur, dan hindari kebiasaan merokok maupun minuman alkohol.

2. Berwarna putih keabu-abuan

Dikutip dari Healthline, sperma yang jernih, berwarna putih, atau keabu-abuan merupakan kondisi sperma yang sehat dan normal. Hal ini merupakan kesempatan untuk merencanakan kehamilan bersama pasangan karena dianggap memberi banyak peluang untuk berhasil.

3. Tekstur lengket

Kondisi sperma yang subur tidak hanya dilihat dari kental dan warnanya, tetapi tekstur yang lengket juga menjadi tanda bahwa sperma sehat. Sperma yang teksturnya seperti cair bisa menandakan kondisi tubuh sedang tidak baik.

4. Bau air mani

Air mani yang normal biasanya berbau klorin. Kondisi bau air mani yang berubah-ubah merupakan normal terjadi, karena bisa dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jika air mani berbau busuk menandakan mengalami masalah kesehatan.

QQ Slot Online TerbaruQQ Slot

Konten Terkait: